March 26, 2012

Sinopsis Novel Moonlight Sonata

Posted by Aisyah Zahra at 10:26 AM
Reactions: 
Pengarang : Wina Bonjonegoro
Penerbit : Genta Pustaka
Tebal : 323




pernahkah anda banyangkan, satu dari 600-an biola seharga dua juta dollar AS ini ada di sebuah desa kecil di Gandusari, Trenggalek Jawa Timur? Tak tau pasti apakah benar-benar ada di sana atau tidak. Pastinya Wina Bojonegoro menceritakan dalam sebuah novel berjudul The Soul: Moonlight Sonata bahwa salah satu biola terbaik di dunia ada di sana. Biola legendaris tersebut dimiliki oleh seorang gadis desa, Anak seorang kepala desa yang impoten, yaitu Padmaningrum.

Padmaningrum, dari namanya dapat diketahui, ia keturuanan jawa tulen. Gadis yang akrab disapa Padma ini mendapat biola langka tersebut dengan cara yang aneh. Biola tersebut ia peroleh sebagai warisan dari pakdenya, yang belakangan diketahui bahwa ia adalah orang tua Padma yang sebenarnya secara biologis. Biola tersebut diwariskan oleh Pakde melalui mimpi. Sudah ratusan kali Padma bermimpi tentang biola langka tersebut. Hingga akhirnya, Padma memberanikan diri untuk melakukan tindakannya yang terjadi dalam mimpi tersebut. Sejak saat itulah, Padma resmi menjadi pemilik biola tersebut.

Biola inilah yang membawa Padma ke dunia yang lebih baru, serta membuat kehidupan Padma lebih berwarna. Berkat biola ini pula ia bisa bergabung dengan Bianglala Orkestra, yang memperkenalkan ia dengan James, tambatan hatinya. Namun sayang, James meninggal dunia karena sebuah kecelakaan. James meninggalkan pesan pada Padma, agar lagu ciptaan Ludwig Van Beethoven komposer ternama asal Italia,  yang berjudul Moonlight Sonata menjadi lagu pengantar kematiannya.

Novel ini merupakan novel musikal. Oleh sebab itu, novel ini sangat layak dibaca oleh para pecinta musik, karena ada banyak sekali pengetahuan tentang musik diselipkan oleh Wina dalam buku ini.


Seluruh Balairung menggema, membuat siapapun hanyut dan berduka. James, aku mendesiskan namanya lagi, kau pasti melihat kesedihan kami. Dan terutama aku yg menolak mu mengatakan Moonlight Sonata adalah lagu kematian? Tetapi toh terpaksa kami memainkannya hari ini, untuk James. Beatapa jahatnya lidahmu berani mengatakan itu di depanku! Kau tahu? Aku membutuhkanmu, kau membawa sebagian perasaan sukaku pada waktu waktu yg telah kita lewati.

0 comments:

Post a Comment

 

my moonlight♥ Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting